Welcome to Afive Blog

Kata-kata yang baik memiliki daya kreatif, kekuatan yang membangun hal-hal mulia, dan energi yang menyiramkan berkat-berkat kepada dunia.
JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU

Selasa, 21 Mei 2013

JURNAL EDUKASI (Pendidikan Islam)

Share on :

ISSN 2338-3054



E D U K A S I
Jurnal Pendidikan Islam

Volume 01, Nomor 01, Juni 2013

Jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulungagung. Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Nopember. Berisi tulisan yang diangkat dari kajian analitis-kritis di bidang pendidikan Islam.
 
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Subag Umum Urusan Penerbitan (Perpustakaan) STAI Muhammadiyah Tulungagung Lantai II Jl. Pahlawan Gg.III / 27 Tulungagung Telepon (0355) 322376 email; jurnal.edukasi.staimta@gmail.com
Edukasi (Jurnal Pendidikan Islam) diterbitkan sejak 1 Juni 2013 oleh Jurusan Tarbiyah STAI Muhammadiyah Tulungagung.
 
Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Naskah diketik di atas kertas berukuran A4 spasi 1,5 sepanjang lebih kurang 20 halaman, dengan format seperti tercantum pada ”Pedoman Bagi Penulis” di bagian belakang jurnal ini. Naskah yang masuk dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format, istilah dan tata cara lainnya.

PEDOMAN BAGI PENULIS


Edukasi adalah publikasi ilmiah di bidang pendidikan Islam. Naskah yang diterima yaitu karya tulis yang merupakan hasil pemikiran (konseptual) yang ada hubungannya dengan pendidikan Islam yang belum pernah dipublikasikan di media lain.
 
Petunjuk Penulisan
1.      Penulis bertanggung jawab terhadap isi naskah. Korespondensi mengenai naskah dialamatkan kepada penerbit dengan mencantumkan institusi,  alamat institusi, dan email salah satu penulis;
2.      Naskah akan dinilai dari 3 unsur, yang meliputi kebenaran isi, derajat orisinalitas, relevansi isi serta kesesuaian dengan misi jurnal;
3.      Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris;
4.      Judul Naskah harus ditulis secara ringkas, tetapi cukup informatif untuk menggambarkan isi tulisan;
5.      Naskah ditulis rapi dengan program Microsoft Word pada kertas berukuran A4 (satu sisi), dan setiap lembar tulisan diberi nomor halaman dengan jumlah halaman maksimal 20. Jarak spasi 1,5 kecuali abstrak dan daftar pustaka yang mempunyai jarak spasi 1. Model huruf yang digunakan adalah Times New Roman dengan font 12 kecuali judul berupa huruf kapital dengan font 14. Apabila terdapat ayat atau hadits (tulisan yang berbahasa Arab), maka diketik dengan huruf Traditional Arabic, ukuran 14 pts, Berkas (file) dibuat dengan Microsoft Word. Pengiriman file juga dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: jurnal.edukasi.staimta@gmail.com Margin masing-masing adalah 2,5 cm. Naskah diserahkan dalam bentuk soft copy ke alamat email diatas;
6.      Naskah yang ditulis dalam Bahasa Indonesia mencantumkan abstrak dalam Bahasa Inggris, dan sebaliknya dengan jumlah kata antara 150 sampai 200. Kata kunci harus dipilih untuk menggambarkan isi makalah dan paling sedikit 4 (empat) kata kunci;
7.      Sistematika artikel meliputi: (a) judul, (b) nama penulis (tanpa gelar akademik), nama lembaga/institusi, dan email, (c) abstrak, (d) kata kunci, (e) pendahuluan (latar belakang dan dukungan kepustakaan yang diakhiri dengan tujuan atau ruang lingkup tulisan), (f) bahasan utama, (g) simpulan dan saran, (h) ucapan terima kasih (bila ada), (i) daftar rujukan/pustaka (hanya memuat sumber yang dirujuk), dan (j) lampiran (bila ada)
8.      Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua bagian judul dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian:
Peringkat 1 (Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)
Peringkat 2 (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)
Peringkat 3 (Huruf Besar Kecil, Rata Tepi Kiri)
9.      Sumber rujukan (catatan akhir) sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian atau artikel-artikel (karya ilmiah) dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah;
10.  Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan foot-note (catatan  kaki) dengan mencantumkan nama penulis, judul rujukan, kota terbit, nama penerbit, tahun, dan halaman.
Contoh:
1Wahbah al Zuhaili, Al-Fiqh al-Islamy, juz VII (Beirut: Dar al-Fikr, 1986), hal. 12.

11.  Daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti berikut ini:

Buku/Kitab:
al-Zuhaili, Wahbah, Al-Fiqh al-Islamy, juz VII, Beirut: Dar al-Fikr, 1986.

Buku kumpulan artikel:
Saukah, Ali dan M. Guntur Waseso (eds.), Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, Malang: UM Press, 2002.

Artikel dalam buku kumpulan artikel:
Drogers, Andree, “Meaning, Power and The Sharing of Religious Experience”, dalam Jerald D. Gort, at.al. (ed.), Michihan: Eerdmans Publishing Company, 1992.

Artikel dalam jurnal dan majalah:
Masyhuri, Imam Malik, "Abu Hasan al-Asy’ari dan Pemikiran Kalamnya", Kontemplasi, vol. 2 no. 1, Juni 2005.

Artikel dalam koran:
Zainuddin, Riza, Moh., "Pesantren dan Pembaharuan", Duta Masyarakat, 25 Januari 2004, hal. 5.

Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):
Islam Rahmatan li al-’Alamin, Jawa Pos, 21 Desember 2005.

Buku terjemahan:
Lev, Daniel S., Peradilan Agama Islam di Indonesia, terj. Nurkholis, Jakarta: Intermasa, 1980.

 Skripsi, Tesis, Disertasi dan Laporan Penelitian:
Ikhwan, Afiful, “Strategi Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Komparatif di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Diponegoro Tulungagung dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Tulungagung)”, Tesis tidak diterbitkan, Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2012.

Makalah seminar, lokakarya, penataran:
Munardji, “Tantangan Pesantren Masa Depan”, Makalah, disajikan dalam seminar nasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Tarbiyah STAIM Tulungagung, pada tanggal 11 Juli 2003.

Internet:
Hitchcock, Carr dan Hall, “A Survey of STM Onlinr Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm”, (Online), http://Journals.ecs.soton.ac.uk/survey/html, diakses 12 Mei 1999.

12.  Semua naskah ditelaah secara anonim oleh penyunting ahli (mitra bestari) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan naskah atas dasar rekomendasi dari mitra bestari atau penyunting.
13.  Penulis menerima bukti pemuatan sebanyak 1 (satu) eksemplar dan cetak lepas sebanyak 2 (dua) eksemplar. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.
Properties

Share / Save / Like

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar baik menunjukkan pribadimu !