Welcome to Afive Blog

Kata-kata yang baik memiliki daya kreatif, kekuatan yang membangun hal-hal mulia, dan energi yang menyiramkan berkat-berkat kepada dunia.
JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU

Jumat, 07 Juni 2013

RANCANGAN PENELITIAN KUALITATIF

Share on :

 BAB I
PENDAHULUAN

Oleh: Afiful Ikhwan


A.    Latar Belakang Masalah
Penelitian kualitatif adalah riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Terdapat perbedaan mendasar antara peran landasan teori dalam penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori menuju data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan; sedangkan dalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.[1]
Penelitian kualitatif jauh lebih subyektif dari pada penelitian atau survei kuantitatif dan menggunakan metode sangat berbeda dari mengumpulkan informasi, terutama individu, dalam menggunakan wawancara secara mendalam dan group fokus. Sifat dari jenis penelitian ini adalah penelitian dan penjelajahan terbuka berakhir dilakukan dalam jumlah relatif kelompok kecil yang diwawancarai secara mendalam.
Metodologi penelitian merupakan sesuatu yang berusaha membahas konsep teoritik berbagai metode, kelebihan dan kelemahannya yang dalam karya ilmiah dilanjutkan dengan pemilihan metode yang digunakan. Dalam hal ini metode lebih bersifat teknis pelaksanaan lapangan sedangkan metodologi lebih pada uraian filosofis dan teoritisnya. Oleh karena itu penetapan sebuah metodologi penelitian mengandung implikasi inheren di dalam diri filsafat yang dianutnya. Sebab filsafat ilmu yang melandasi berbagai metodologi penelitian yang ada. Maka dari itu  dengan mengetahui metodologi penelitian yang digunakan, filsafat ilmu dan kajian teoritisnya, kelemahan dan kelebihannya diharapkan akan mampu memberikan kesesuaian metodologi dengan fokus masalah penelitian.
Munculnya penelitian kualitatif adalah karena reaksi dari tradisi yang terkait dengan positivisme dan postpositivisme yang berupaya melakukan kajian budaya dan interpretatif sifatnya. Berbagai jenis metode dan pendekatan  dalam penelitian kualitatif, tingkat perkembangan dan kematangan masing-masing metode ditentukan juga oleh bidangkeilmuan yang memiliki sejarah perkembangannya. Setiap uraian mengenai penelitian kualitatif harus bekerja didalam bidang historis yang kompleks. Penelitian kualitatif mempunyai pengertian yang berbeda-beda untuk setiap momen, meskipun demikian definisi secara umum : penelitian kualitatif merupakan suatu metode berganda dalam fokus, yang melibatkan suatu pendekatan interpretatif  dan wajar terhadap setiap pokok permasalahannya. Ini berarti penelitian kualitatif bekerja dalam setting yang alami, yang berupaya untuk memahami, member tafsiran pada fenomena yang dilihat dari arti yang diberikan orang-orang kepadanya.
Penelitian kualitatif melibatkan  penggunaan dan pengumpulan  berbagai bahan empiris, seperti studi kasus, pengalaman pribadi, instropeksi, riwayat hidup, wawancara, pengamatan, teks sejarah, interaksional dan visual: yang benggambarkan momen rutin dan problematis, serta maknanya  dalam kehidupan individual dan kolektif.[2]

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pengertian penelitian kualitatif ?
2.      Apa ciri-ciri penelitian kualitatif ?
3.      Bagaimana bentuk rancangan penelitian kualitatif ?
4.      Bagaiaman format rancangan penelitian kualitatif ?
5.      Bagaimana penelitian kualitatif dalam pendidikan ?

C.    Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui pengertian penelitian kualitatif.
2.      Untuk mengetahui ciri-ciri penelitian kualitatif.
3.      Untuk mengetahui bentuk rancangan penelitian kualitatif.
4.      Untuk mengetahui format rancangan penelitian kualitatif.
5.      Untuk mengetahui penelitian kualitatif dalam pendidikan.


BAB II
PEMBAHASAN
RANCANGAN PENELITIAN KUALITATIF


A.    Pengertian Penelitian Kualitatif
Penelitian berasal dari bahasa inggris research (re: kembali, dan search: mencari), dengan demikian research berarti mencari kembali. Sehingga, penelitian adalah semua kegiatan pencarian, penyelidikan dan percobaan secara ilmiah dalam suatu bidang tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta tau prinsip-prinsip baru yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikan tingkat ilmu dan teknologi.[3]
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap gejala secara holistik-kontekstual (secara menyeluruh dan sesuai konteks/apa adanya) melalui pengumpulan data dari latar alami sebagai sumber langsung dengan instrumen kunci penelitian itu sendiri. Menurut Bogdan dan Taylor dalam Moleong ”penelitian kualitatif” adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.[4]
Istilah penelitian kualitatif menurut Kirk dan Miller pada mulanya bersumber pada pengamatan kualitatif yang dipertentangkan dengan pengamatan kuantitatif, lalu mereka mendefinisikan bahwa metodologi kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam kaasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dan dalam peristilahannya.
Sedangkan penelitian kualitatif menurut Jane Richie, adalah upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya di dalam dunia, dari segi konsep, prilaku, persepsi, dan persoalan tentang manusia yang diteliti.[5] Penelitian kualitatif ini dimaksudkan sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya.Contohnya dapat berupa penelitian tentang kehidupan, riwayat dan perilaku seseorang, peranan organisasi pergerakan nasional, atau hubungan timbal balik.[6]
Kajian penelitian kualitatif berawal dari kelompok ahli sosiologi dari “mazhab Chicago” pada tahun 1920-1930, yang memantapkan pentingnya penelitian kualitatif untuk mengkaji kelompok kehidupan manusia. Pada waktu yang sama, kelompok ahli antropologi menggambarkan outline dari metode karya lapangan; yang melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mempelajari adat dan budaya masyarakat setempat. Dari awal, tampak bahwa penelitian kualitatif merupakan bidang penyelidikan tersendiri. Bidang ini bersilang dengan disiplin dan pokok permasalahan lainnya. Suatu kumpulan istilah, konsep, asumsi yang kompleks dan saling terkait meliputi istilah penelitian kualitatif.
Dalam penelitian tidak lepas dari rancangan, tetapi pada rancangan penelitian kualitatif dalam pendidikan, penelitiannya bersifat sementara karena ketika penelitian berlangsung, peneliti secara terus menerus menyesuaikan rancangan tersebut dengan proses penelitian dan kenyataan yang terjadi di lapangan khususnya di dalam dunia pendidikan. Jadi berbeda dengan proses penelitian kuantitatif yang disusun secara ketat dan kaku sebelum penelitian dilaksanakan. Hal ini disebabkan karena:
1.      Peneliti kualitatif belum dapat membayangkan sebelumnya tentang kenyataan-kenyataan yang akan dijumpai di lapangan;
2.      Peneliti belum dapat meramalkan sebelumnya tentang perubahan yang terjadi ketika terjadi interaksi antara peneliti dan kenyataan yang diteliti;
3.      Bermacam-macam sistem nilai yang terkait berhubungan dengan cara yang tidak dapat diramalkan.[7]

B.     Ciri-ciri Penelitian Kualitatif
Sekadar memberikan gambaran dan penjelasan menegenai penelitian kualitatif, ada baiknya dikemukakan cirri-ciri pokok penelitian. Ada lima ciri pokok dari penelitian kualitatif:[8]
1.      Penelitian kualitatif menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data langsung. Situasi pendidikan baik dalam lingkungan keluaraga, sekolah dan masyarakat, sebagaimana adanya (alami) tanpa dilakukan perubahan dan intervensi oleh peneliti, merupakan objek bagi penelitian kualitatif. Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam situasi pendidikan terutama peristiwa sosial, dalam arti interaksi manusia, seperti interaksi siswa-siswa, guru-guru, siswa-lingkungan, merupakan kajian utama penelitian kualitatif. Peneliti pergi kelokasi tersebut, memahami dan mempelajari, perilaku insane tersebut dalam konteks lingkungannya, sebagaimana yang ditunjukkannya.
2.      Penelitian kualitatif sifatnya deskriptif analitik. Data yang diperoleh dari penelitian kualitatif seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan, cuplikan tertulis dari dokumen, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian, tidak dituangkan dalam bentuk dan bilangan statistik.
3.      Tekanan penelitian kualitatif ada pada proses bukan pada hasil.
4.      Penelitian kualitatif sifatnya induktif.
5.      Penelitian kualitatif mengutamakan makna.

Penelitian kualitatif memiliki ciri atau karakteristik  yang membedakan dengan penelitian jenis lainnya. Dari hasil penelaahan pustaka yang dilakukan Moleong atas hasil dari mensintesakan pendapatnya Bog dan Biklen dengan Lincoln dan Guba ada sebelas ciri penelitian kualitatif, yaitu:
1.       Penelitian kualitatif menggunakan latar alamiah atau pada konteks dari suatu keutuhan (enity).
2.       Penelitian kualitatif intrumennya adalah manusia, baik peneliti sendiri atau dengan bantuan orang lain.
3.       Penelitian kualitatif menggunakan metode kualitatif.
4.       Penelitian kualitatif menggunakan analisis data secara induktif.
5.       Penelitian kualitatif lebih menghendaki arah bimbingan  penyusunan  teori subtantif yang berasal dari data.
6.       Penelitian kualitatif  mengumpulkan data deskriptif (kata-kata, gambar) bukan angka-angka.
7.       Penelitian kualitatif lebih mementingkan proses dari pada hasil.
8.       Penelitian kualitatif menghendaki adanya batas dalam penelitian nya atas dasar fokus  yang timbul sebagai masalah dalam peneltian.
9.       Penelitian kualitatif meredefinisikan validitas, realibilitas, dan objektivitas dalam versi lain dibandingkan dengan yang lazim digunakan dalam penelitian klasik.
10.   Penelitian kualitatif menyusun desain yang secara terus menerus disesuaikan dengan kenyataan lapangan (bersifat sementara).
11.   Penelitian kualitatif menghendaki agar pengertian  dan hasil interpretasi yang diperoleh dirundingkan dan disepakati oleh manusia yang dijadikan sumber data.

C.    Bentuk-bentuk Rancangan Penelitian Kualitatif
1.       Grounded Theory (Teoretisasi Data)
Rancangan teori grounded merupakan prosedur penelitian kualitatif yang sistematik, dimana peneliti melakukan generalisasi satu teori yang menerangkan konsep, proses, tindakan, atau interaksi mengenai suatu topik pada level konseptual yang luas. Tujuan grounded theory yaitu untuk menentukan kondisi yang memunculkan sejumlah tindakan/interaksi yang berhubungan dengan suatu fenomena dan akibatnya.[9]
Dalam dunia pendidikan teori ini digunakan untuk meneliti bagaimana proses kegiatan pengajaran, proses bimbingan, pengelolaan kelas/manajemen kelas, dan bagaimana hubungan antara guru dan siswa di sekolah.
2.       Rancangan Penelitian Etnografik
Rancangan penelitian etnografik merupakan prosedur penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisa, dan menginterprestasi pola prilaku, kepercayaan, dan bahasa bersama dari sekelompok budaya yang berkembang pada seluruh waktu. Dalam lingkungan pendidikan penelitian ini dirancang untuk meneliti tentang bagaimana kurikulum yang diterapkan, serta metode apa yang digunakan guru untuk mengajar.
3.       Rancangan Penelitian Naratif
Dalam rancangan ini, seorang peneliti mendeskripsikan kehidupan individual, mengumpulkan dan menceritakan informasi tentang kehidupan individu-individu, serta melaporkannya secara naratif tentang pengalaman-pengalaman mereka.Dalam bidang pendidikan misalnya, meneliti bagaimana perkembangan psikososial anak didik serta aktifitas-aktifitasnya baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
4.       Rancangan Study Kasus
Penelitian dalam rancangan study kasus dilakukan untuk memperoleh pengertian yang mendalam mengenai situasi dan makna sesuatu/subyek yang diteliti. Penelitian ini lebih mementingkan proses dari pada hasil, lebih mementingkan konteks dari pada suatu variabel khusus, lebih ditunjukan untuk menemukan sesuatu dari pada kebutuhan konfirmasi.
Penelitian ini menganalisa bagaimana keadaan individu peserta didik, dalam persoalan sosialnya maupun pola kehidupannya baik dalam hal pergaulan maupun sikap di dalam masyarakat.
5.       Rancangan Metode Campuran
Dalam penelitian metode campuran, peneliti mengkombinasikan data kuantitatif dengan data kualitatif, yaitu untuk menerangkan dan mengeksplor problem penelitian dengan cara terbaik. Rancangan metode ini merupakan prosedur untuk mengumpulkan data kuantitatif dan data kualitatif dalam satu penelitian tunggal, dan untuk menganalisa dan melaporkan data ini berdasarkan prioritas, sekuensi, dan level integrasi informasi.
Biasanya rancangan ini ditujukan dalam pengisian hasil studi/nilai akhir sekolah, menganalisis nilai siswa, serta untuk menentukan pengembangan diri masing-masing siswa selama mengkuti pembelajaran.
6.       Rancangan Penelitian Tindakan (Action Research)
Penelitian ini memanfaatkan data kuantitatif dengan data kualitatif seperti metode campuran, akan tetapi fokusnya lebih merupakan terapan. Tujuan penelitian ini dalam dunia pendidikan adalah untuk meningkatkan praktek pendidikan dan pengajaran dimana guru melaksanakannya berkaitan dengan problem yang mereka hadapi dalam setting sekolah.Dalam bidang pendidikan dan pengajaran rancangan penelitian tindakan merupakan prosedur sistematik yang dipakai oleh guru (atau peneliti) untuk mengumpulkan data kuantitatif dan atau data kualitatif tentang cara-cara mereka bekerja, bagaimana mereka mengajar, dan bagaimana baiknya siswa belajar.

D.    Format Rancangan Penelitian Kualitatif
Dalam konteks pendekatan kualitatif, elemen dan unsur-unsur utama sebagai isi (content) dari rancangan penelitian dalam pendidikan pada umumnya adalah: konteks penelitian (latar belakang masalah); fokus kajian atau pokok persoalan yang hendak diteliti; tujuan penelitian; ruang lingkup dan setting penelitian (latar alamiah penelitian itu dilakukan); perspektif teoritik (fenomena sosial) dan kajian pustaka; serta metode yang digunakan.
Adapun format rancangan penelitian kualitatif ada beberapa versi, akan tetapi format di sini sebagai modifikasi, sehingga mudah diaplikasikan. Sistematikannya adalah sebagai berikut:
a)       Judul
b)       Konteks Penelitian
c)      Fokus Kajian
d)     Tujuan Penelitian
e)      Ruang Lingkup dan Setting Penelitian
f)       Perspektif Teoritik dan Kajian Pustaka
g)      Metode Penelitian
h)      Pendekatan
i)        Unit Analisis
j)        Pengumpulan dan Analisis Data
k)      Keabsahan data
l)         Jadwal kegiatan penelitian
m)    Anggaran Penelitian
n)      Daftar Kepustakaan[10]

E.     Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan
Penelitian kualitatif mempunyai tempat tersendiri dalam bidang pendidikan, mengingat sifat dan hakikat pendidikan sebagai proses sadar tujuan, dalam meningkatkan kualitas manusia dan kualitas hidupnya sebagai manusia yang berbudaya. Ada beberapa alasan kuat pentingnya penelitian  kualitatif dalam pendidikan;[11]
1.      Pendiddikan sebagai proses sosialisasi pada hakikatnya adalah interaksi manusia dengan lingkungan yang membentuknya melalui proses belajar dalam konteks lingkungan yang berubah-ubah.
2.      Pendidikan senantiasa melibatkan komponen manusia, yakni tenaga kependidikan dan siswa dengan komponen, kurikulum dan sistem pendidikan, lingkungan pendidikan, tempat/ruang dan waktu serta sarana dan prasarana pendidikan. Setiap komponen berinteraksi satu sama lain dalam satu proses pendidikan dan pengajaran untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
3.      Pendidikan sebagai suatu sistem tidak hanya berorientasi kepada hasil tetapi juga berorientasi kepada proses agar memperoleh hasil yang optimal.
4.      Pendidikan dalam pengertian luas, terjadi pada manusia dan berlaangsung sepanjang hayat, dalam lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat, secara alami.
5.      Tekanan utama pendidikan adalah pembinaan dan pengembangan kepribadian manusia mencakup aspek intelektual, moral, sosial dalam satu kesatuan utuh, serasi, selaras, dan seimbang. Pembinaan dan pengembangan tersebut melalui proses belajar agar diperoleh perubahan-perubahan perilaku menyangkut pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
Penggunaan penelitian kualitatif dalam pendidikan bertujuan untuk;
a.       Mendeskripsikan suatu proses kegiatan pendidikan berdasarkan apa yang terjadi di lapangan sebagai bahan kajian lebih lanjut untuk menemukan kekurangan dan kelemahan pendidikan, sehingga dapat ditentukan upaya penyempurnaannya.
b.      Menganalisis dan menafsirkan suatu fakta, gejala dan peristiwa pendidikan yang terjadi di lapangan sebagaimana adanya dalam konteks ruang dan waktu serta situasi lingkungan pendidikan secara alami.
c.       Menyusun hipotesis berkenaan dengan konsep dan prinsip pendidikan berdasarkan data dan informasi yang terjadi di lapangan (induktif) untuk dilakukan pengujian lebih lanjut melalui pendekatan kuantitatif.

Bidang kajian penelitian kualitatif dalam pendidikan berkenaan dengan suatu proses dan kegiatan yang memungkinkan terjadinya interaksi antarmanusia dan atau interaksi manusia dengan lingkungannya. Seperti proses pengajaran,proses bimbingan, pengelolaan kelas/manajemen kelas, kepemimpinan dan pengawasan pendidikan, proses penilaian pendidikan, hubungan sekolah dengan masyarakat, upaya pengembangan tugas profesi guru dan lain-lain. Permasalahan diangkat dari semua komponen pendidikan seperti contoh dibawah ini;
1.      Bidang ketenagaan
·         bagaimana guru melaksanakan pengajaran di sekolah ?
·         bagaimana guru mengatasi kesulitan belajar siswanya di sekolah ?
·         bagaimana guru mengoptimalkan kegiatan belajar siswa di sekolah ?
·         bagaimana kepala sekolah mengupayakan sumber-sumber belajar ?
·         bagaimana kepala sekolah meningkatkan kemampuan profesional guru-guru yang ada di sekolahnya ?
·         bagaimana tenaga pembimbing memberikan penyuluhan kepada para siswanya ?
2.      Bidang anak didik
·         bagaimana cara siswa belajar di sekolah dan di rumahnya ?
·         bagaimana cara siswa bergaul dengan teman-teman sekelasnya?
·         bagaimana siswa memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari sekolahnya ?
·         bagaimana hubungan sosial siswa dengan keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya ?
·         bagaimana sikap siswa terhadap guru dan mata pelajaran di sekolah ?
3.      Bidang lingkungan pendidikan
·         bagaimana peran dan partisipasi orang tua murid dalam pendidikan anaknya di sekolah ?
·         bagaimana sikap dan pandangan orang tua terhadap kualitas anak-anaknya di sekolah ?
·         bagaimana peran dan partisipasi tokoh masyarakat setempat dalam memajukan pendidikan disekolah ?
4.      Bidang kurikulum dan sistem pendidikan
·         bagaimana pelaksanaan kurikulum muatan lokal ?
·         bagaimana sekolah membina hubungan dengan masyarakat ?
·         bagaimana pendidikan kependudukan diintegrasikan dalam bidang-bidang studi di sekolah ?

Pertanyaan-pertanyaan diatas dan tentunya masih banyak pertanyaan lain yang sejenis dalam setiap bidang garapan pendidikan menuntut data dan informasi yang mendalam berdasarkan apa adanya dalam praktek pendidikan sehari-hari.
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Penelitian kualitatif merupakan upaya untuk menyajikan dunia sosial, dan perspektifnya di dalam dunia, dari segi konsep, prilaku, persepsi, dan persoalan tentang manusia yang diteliti.Misalkan dapat berupa penelitian tentang kehidupan, riwayat dan perilaku seseorang.
Ciri-ciri Penelitian kualitatif; menggunakan latar alamiah, intrumennya adalah manusia, menggunakan metode kualitatif, menggunakan analisis data secara induktif, lebih menghendaki arah bimbingan  penyusunan  teori subtantif yang berasal dari data, mengumpulkan data deskriptif (kata-kata, gambar) bukan angka-angka, lebih mementingkan proses dari pada hasil, menghendaki adanya batas dalam penelitiannya atas dasar fokus  yang timbul sebagai masalah dalam peneltian, meredefinisikan validitas, realibilitas, dan objektivitas dalam versi lain dibandingkan dengan yang lazim digunakan dalam penelitian klasik, menyusun desain yang secara terus menerus disesuaikan dengan kenyataan lapangan (bersifat sementara), menghendaki agar pengertian  dan hasil interpretasi yang diperoleh dirundingkan dan disepakati oleh manusia yang dijadikan sumber data.
Rancangan penelitian kualitatif dalam pendidikan penelitiannya bersifat sementara, karena ketika penelitian berlangsung, peneliti secara terus menerus menyesuaikan rancangan tersebut dengan proses penelitian dan kenyataan yang terjadi di lapangan khususnya di dalam dunia pendidikan.
Bentuk-bentuk rancangan penelitian kualitatif antara laingrounded theory, penelitian etnografik, penelitian naratif, Rancangan Study Kasus, Metode Campuran, dan Rancangan Penelitian Tindakan (Action Research). Sedangkan konteks pendekatan kualitatif, elemen dan unsur-unsur utama sebagai isi rancangan penelitian dalam pendidikan adalah konteks penelitian, fokus kajian, tujuan penelitian, ruang lingkup dan setting penelitian, perspektif teoritik dan kajian pustaka, dan metode yang digunakan.
Penelitian kualitatif dalam pendidikan; pendidikan sebagai proses sosialisasi pada hakikatnya adalah interaksi manusia dengan lingkungan yang membentuknya melalui proses belajar dalam konteks lingkungan yang berubah-ubah, senantiasa melibatkan komponen manusia, system yang tidak hanya berorientasi kepada hasil tetapi juga berorientasi kepada proses agar memperoleh hasil yang optimal, pembinaan dan pengembangan kepribadian manusia mencakup aspek intelektual, moral, sosial dalam satu kesatuan utuh, serasi, selaras, dan seimbang. Pembinaan dan pengembangan tersebut melalui proses belajar.

B.     Saran
Demikian uraian yang telah kami paparkan, melalui makalah ini penulis menjelaskan dan menguraikan bahwa dalam rancangan penelitian dalam pendidikan tidak terlepas dari sebuah konsep, metode maupun format yang harus dibuat, karena pada dasarnya penelitian ini memberikan kemungkinan bagi perubahan-perubahan manakala ditemukan fakta yang lebih mendasar. Demikian, apabila dalam penulisan ini masih banyak kekurangan, kami mohon kritik dan saran dari pembaca.
 

DAFTAR RUJUKAN

Alsa, Asmadi. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Corbin, Juliet, Strauss, Anselm. 2007. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haryono, Hadi, Amirul. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ibrahim, Sudjana, Nana. 2007. Penelitian  dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2007. Ibrahim, Penelitian  dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tanzeh, Ahmad. 2005. Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras.
Universitas Negeri Malang (UNM), Metode Penelitian Kualitatif, dalam http://www.penalaran-unm.org/index.php/artikel-nalar/penelitian/116-metode-penelitian-kualitatif.html, diakses pada 10 Mei 2013.
Wikepedia Ensiklopedia Bebas, Penelitain Kualitatif, dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_kualitatif, diakses pada 15 Mei 2013.


DAFTAR ISI

Halaman Judul          ……………………………………………….…..…      i
Kata Pengantar         …………………………………………………..….      ii
Daftar Isi                    …………………………………………………..….      iii

BAB I             PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah   ……………………………...      1
B.     Rumusan Masalah ……………………………………..      2
C.     Tujuan Masalah   ………………………………………      2

BAB II            PEMBAHASAN
RANCANGAN PENELITIAN KUALITATIF
A.    Pengertian Penelitian Kualitatif …………………………    3
B.     Ciri-Ciri Penelitian Kualitatif    …………………………     4
C.     Bentuk-Bentuk Rancangan Penelitian Kualitatif ……….     6
D.    Format Rancangan Penelitian Kualitatif   ………………     8
E.     Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan   ………………..    8

 BAB III         PENUTUP
A.    Kesimpulan   ……………………………………………..   12
B.     Saran   …………………………………………………….  13

DAFTAR RUJUKAN   ………………………………………………………       14


[1]Wikepedia Ensiklopedia Bebas, Penelitian Kualitatif, dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_kualitatif. di akses 22 Maret  2013.
[2]Universitas Negeri Malang (UNM), Metode Penelitian Kualitatif, dalam http://www.penalaran-unm.org/index.php/artikel-nalar/penelitian/116-metode-penelitian-kualitatif.htm, di akses 22 Maret 2013.
[3]Amirul Hadi, Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan,(Bandung: CV. Pustaka Setia, 2005), hlm 39.
[4]Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian (Yogyakarta: Teras, 2005), hlm. 10.
[5]Lexy J. Moleong,Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009), hlm 6.
[6]Anselm Strauss dan Juliet Corbin, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007), hlm. 4.
[7]Asmadi Alsa, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007), hlm. 52.
[8]Nana Sudjana, Ibrahim, Penelitian  dan Penilaian Pendidikan (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2007), hlm. 197.
[9]Anselm Strauss dan Juliet Corbin, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif…, hlm. 290.
[10]Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif,(Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2003), hlm 47-48.
[11]Nana Sudjana, Ibrahim, Penelitian  dan Penilaian Pendidikan, hlm. 207-210.
Properties

Share / Save / Like

2 komentar:

Komentar baik menunjukkan pribadimu !