Welcome to Afive Blog

Kata-kata yang baik memiliki daya kreatif, kekuatan yang membangun hal-hal mulia, dan energi yang menyiramkan berkat-berkat kepada dunia.
JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU

Jumat, 31 Mei 2013

Tips Agar Baterai Laptop Awet dan Tidak Cepat Habis

Share on :

Notebook / laptop akan kehilangan pesonanya ketika dalam menggunakannya anda selalu menghubungkan dengan adaptor chargernya, lebih baik menggunakan PC / Komputer desktop saja apabila fungsi baterai yang ada di laptop anda tersebut tidak bisa bertahan lama. Bagaimana cara agar baterai laptop tetap awet ketika digunakan, berikut tips yang bisa membantu permasalahan tersebut :

1. Defrag secara teratur
Dengan anda mendefrag hardisk secara teratur akan membuat kinerja laptop anda lebih cepat sehingga laptop akan lebih irit untuk menggunakan daya baterai. Anda bisa menggunakan alat defrag bawaan windows yang anda gunakan atau bisa juga menggunakan software lain seperti Auslogics Disk Defrag atau juga lainnya.

2. Redupkan Layar
Setting tingkat pengaturan pencahayaan display dengan menampilkan layar dengan pencahayaan paling redup untuk menambah daya exstra baterai.

3. Mengurangi program yang sedang berjalan
Matikan segala program yang tidak digunakan ketika sedang dalam modus baterai karena dengan banyaknya program yang berjalan akan memberatkan beban CPU sehingga daya baterai akan tersedot secara lebih banyak.

4. Kurangi Perangkat External
Perangkat USB seperti mouse, ipod, Flashdisk dll akan mengurangi daya baterai pada laptop anda, cabut atau lepaskan perangkat tersebut jika sudah tidak digunakan.

5. Jangan gunakan CD Drive
Penggunaan CD drive akan mengurangi daya baterai yang sangat cepat, karena saat memutar CD/DVD akan menambah beban CPU dan itu akan membutuhkan daya yang lebih sehingga baterai cepat habis. Matikan perangkat tersebut ketika dalam modus baterai.

6. Tambahkan Memory RAM
Dengan tambahan RAM pada laptop akan mengurangi beban prossesor dalam menjalankan tugasnya. Penambahan RAM akan membuat laptop bekerja lebih ringan untuk membuka program yang membutuhkan energi lebih banyak sehingga baterai akan lebih awet anda gunakan.

7. Bersihkan Konektor Baterai
Bersihkan logam konektor yang ada dibaterai dengan kain yang dibasahi alkohol, setidaknya anda bersihkan setiap 2 bulan sekali agar transfer daya baterai lebih maksimal dan efisien.

8. Jaga Daya Baterai Anda
Jangan menyimpan daya baterai laptop anda dalam waktu jangka panjang, setelah diisi setidaknya anda gunakan paling lama dalam waktu 2 - 3 minggu sekali. Juga jangan biarkan baterai Li-ion dalam keadaan kosong

9. Jaga Suhu Tetap Dingin
Laptop bekerja lebih efisien ketika suhunya dingin. Bersihkan ventilasi udara yang ada di laptop agar suhu tetap terjaga.

10. Jangan Multitask
Ketika sedang menggunakan laptop dengan mode baterai jangan menggunakan program secara bersamaan., misalnya saat anda sedang memutar musik jangan membuka program lain seperti browsing. Jalankan salah satu saja program yang anda gunakan agar kerja CPU anda tidak menguras baterai.

11. Jangan aktifkan Hibernate
Meski menggunakan modus siaga, anda tidak akan benar-benar menghemat baterai dalam waktu panjang karena hibernate tetap menggunakan daya baterai. lebih baik anda simpan apa yang anda kerjakan dan matikan laptop ketika anda sedang benar-benar tidak menggunakannya

Mungkin tip yang saya berikan bisa menjadi solusi untuk menghemat saat menggunakan laptop dalam mode baterai. Ketika anda sedang menjalankan laptop dengan aktifitas yang berat lebih baik laptop anda sedang dalam mode AC agar kinerja laptop anda bisa lebih maksimal lagi.
Properties

Share / Save / Like

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar baik menunjukkan pribadimu !