Welcome to Afive Blog

Kata-kata yang baik memiliki daya kreatif, kekuatan yang membangun hal-hal mulia, dan energi yang menyiramkan berkat-berkat kepada dunia.
JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU

Minggu, 02 Mei 2010

Share on :
MEDIA VISUAL DUA DIMENSI

M A K A L A H

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
" Media Pembelajaran Bahasa Arab "
Dosen Pembimbing : Moh. Zaini, M.A



Disusun Oleh :
M. Abdillah Subhin
3216063202

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) TULUNGAGUNG
JUNI 2008

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.

Shalawat dan salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya yang telah memperjuangkan Agama Islam.

Kemudian dari pada itu, kami sadar bahwa dalam membuat makalah ini banyak yang membantu terhadap usaha kami, mengingat hal itu dengan segala hormat kami sampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
1. Ketua STAIN Tulungagung
2. Dosen Pembimbing yang telah memberikan bimbingan dalam penyusunan makalah ini
3. Teman – teman dan seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam penyelesaian makalah.

Atas bimbingan, petunjuk dan dorongan tersebut kami hanya dapat berdo' a dan memohon kepada Allah SWT semoga amal dan jerih payah mereka menjadi amal soleh di sisi Allah SWT.

Dan dalam pembuatan makalah ini kami sadar bahwa masih banyak kekurangan dan kekeliruan, maka dari itu kami mengharapkan keritikan positif, sehingga bisa diperbaiki seperlunya.

Akhirnya kami tetap berharap semoga makalah ini menjadi butir-bitur amalan kami dan bermanfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi seluruh pembaca dan umat manusia. Amin Yaa Robbal 'Alamin.

( PENYUSUN )


DAFTAR ISI


Halaman Judul ……………………………………………………………. i
Kata Pengantar ……………………………………………………………. ii
Daftar Isi ……………………………………………………………. iii

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ……………………………. 1
B. Rumusan Masalah …………….………………………………. 1
C. Tujuan Masalah …………………………………………….. 1

BAB II PEMBAHASAN
MEDIA VISUAL DUA DIMENSI
Papan dan Macamnya ..…….…………………………………….. 2
Gambar …………………………………………………………... 3
Photo …………………………………………………………….. 4
Gambar Kertas Balik ……………………………………………… 4
Grafik …………………………………………………………….. 4
Poster dan OHP …………………………………………………... 5
Slide ………………………………………………………………. 5

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………. 6

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, baik dalam ekonomi, sosial, budaya maupun pendidikan. Oleh karena itu agar pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan iptek tersebut perlu adanya penyesuaian-penyesuaian, terutama sekali yang berkaitan dengan faktor-faktor di sekolah. Salah satu faktor tersebut adalah media pembelajaran yang perlu dipelajari dan dikuasai pleh guru/calon guru, sehingga mereka dapat menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik secara baik berdaya guna dan berhasil.

B. Rumusan Masalah
1. Apa Pengertian Media Media Visual dua Dimensi ?
2. Sebutkan Macam- Macam Media Visual dua Dimensi ?
3. Apa Kelebihan Macam-Macam itu ?

C. Tujuan Masalah
1. Agar Mengetahui Pengertian Media Media Visual dua Dimensi.
2. Agar Mengetahui Macam- Macam Media Visual dua Dimensi.
3. Agar Mengetahui Kelebihan Macam-Macam itu.

BAB II
PEMBAHASAN
MEDIA VISUAL DUA DIMENSI
Oleh: M. Abdillah Subkhin* 

1. Papan Dan Macamnya
• Papan Tulis
Meskipun traditional papan tulis tetap banyak yang menggunakanya karena harganya yang murah, mudah pengguna’anya, tahan lama.
• Papan Flanel
Papan flaneel merupakan tempat yang sangat efektif untuk memvisualissasikan sesuatu. Kalau selemmbar triplek dilapisi dengan flannel sehingga tegang ddan rata maka sepotong flannel lainya yang permukaanya diitakankan kepadanya akan menempel denngan sendirinya. Ini disebabkan bulu-bulu keduanya berkaitan. Flannel yang akan ditempel berupa guntingan dengan berbagai macam bentuk sebagai bahan visualisasi. Sebagai contoh untuk mengajar matematika guru bisa menggunakn ini, dengan cara menggunting flanel denngan bentuk angka-angka.
Kelebihanya :
1. membuuat papan flanel tidak sukar dan juga murah.
2. bisssa sebagai tempat informasi atau madding.
3. kitaaa bisa dengan bebas memvisualisasikan sesuatu.
• Papan magnet
Papan magnet ini terbuat daari logam yang dilapisi dengan email putih. Pada logam yang sudah dilapisi bisa ditempelin bendaa-benda yang tidak berat kalau pada alasnya dirakatkan sepotong kecil magnet. Papan ini disebut juga “magnet board’. Dean karena papan selalu berwarna putih maka disebut juga white board” lawan dari papan bl;ack board .
Kelebihan papan magnet.
1. Tempelan benda-benda pada papan magnet lebih kuat.
2. symbol-simbol yang diberi nagneet dibelakangnya dapaat dipindah-pindah tanpa mengangkat lebih dulu, melainkan meluncurkanya .
3. kehadiranya lebih bergengsi ddari pada black board yang dianggap kuno
2. Gambar
• Gambar Kertaas Atau Karton
Gambar merupakan alat visual yang penting dan mudah didapat. Penting sebab dapat memberri peenggambaran visual yang konkrit.tentang masssalah yang digambarkanya. Gambar dapat membuat oraang menangkap ide atau informasi yang terkandung didalamnya denngan jelas, lebih jelas daripada yang dapat diungkapkan oleh kata-kata, bak yang ditulis maupun yang diucapkan. Gambar telah lama digunakan sebagai medium untk mengajar dan belajar serta dapat digunakan trus dengan efektif dan mudah. Selaimdari itu gambar mudah didapat.
Kelebihan gambar
1. gambar mudah diperoleh, mudah menggunakanya dan tidak memrlukan alat tambahan.
2. koleksi gambar dapaat diperbessar terus
3. mudah mengtur pilihan untuk suatu pelajaran.

• Gambar diproyeksikan dengan OP
Op adalah : Proyektor yang dapat menyorotkan gambar yang terdapat pada bidang yang tidak tembus cahaya lebih dikenal dengan “ Opaque Projektor “ Cara berkerja alat ini sebagai berikut : kalau sebuah kartu pos bergambar diletakakn pada bagian tertentu dari OP, maka gambar itu harus diterangi sebuah lampu sudah itu pantulan bayangannya diterima oleh cermin yang berada diatasnya, cermin itu memantulkannya kelensa yang menyorotkannya kelayar putih.
• Memperbesarkan gambar dengan OP
Letakan gambar yang akan dibesarkan ditempatkan kedalam proyektor, lalu proyeksikan keatas kertas yang telah disediakan atau kepapan tulis.
• Gambar sederhana dengan garis dan lingkaran
Ini memudahkan bagi guru yang kurang pandai menggambar, mereka dapat menggunakan gambar sederhana dalam menerangkan materi hanya membuat garis dan lingkaran gambar semacam ini hampir digunakan untuk semua tingkat pelajaran atau kecerdasan. Bahasa aslinya disebut “Stick Figur “.
3. Photo
Photo merupakan media reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi. Photo ini merupakan alat visual yang efektif karena dapat memvisualisasikan sesuatu yang akan dijelaskan dengan lebih kongkrit dan realistis. Informasi yang disampaikan dapat mengerti dengan mudah karena hasil yang diragakan lebih mendekati kenyataan melalui foto yang diperlihatkan dan hasil yang diterima akan sama.
• Kelebihan Media Photo
1. Lebih kongkrit dan realisitis
2. Dapat mengatasi ruang dan waktu
3. Dapat mengatasi keterbatasan mata
4. Memperjelas dalam bidang apa saja

4. Lembar Kertas Balik
Lembar kertas balik : lembaran-lembaran kertas dimana terdapat gambar yang besra yang dapat dibalikan pada sebuah gantungan. Sekumpulan lembaran balik merupakan satu kesatuan tiap satuan berisi satu pelajaran atau satu informasi yang lengkap.

5. Grafik Diagram Bagan
Ketiganya mengungkapkan sesuatu yang tidak mungkin dihayati dalam kenyataan. Penggambarannya sangat simbolik pada hakekatnya ketiganya tidak berarti apa-apa. Untuk memahaminya membutuhkan belajar terlebih dahulu.
• Grafik
Grafik merupakan media untuk menyajikan data berangka, grafik juga merupakan gambar sederhana yang banyak sedikitnya merupakan penggambaran data kuantitatif yang akurat dalam bentuk yang menarik dan mudah dimengerti.
• Diagram
Diagram : suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk hubungan timbal balik, terutama dengan garis-garis, diagram sering juga digunakan untuk menerangkan letak bagian-bagian sebuah alat atau mesin serta hubungan satu bagian dengan bagian yang lain.
• Bagan
Bagan hampir sama dengan diagram, bedanya bagan lebih menekankan kepada suatu perkembangan atau suatu proses atau susunan suatu organisasi, ada juga bagan yang ditambah dengan keterangan singkat.

6. Poster
Poster meruoakan sebuah gambar yang besar, yang memberi tekanan atau ide pokok sehingga dapat dimengerti dengan melihatnya. Poster yang baik adalah poster yang segera dapat menagkap pandangan orang dan menanamkan pesan yang terkandung dalam poster.
Keberhasilan sebuah poster banyak juga tergantung dari kalimat untuk menyarakan pesan yang akan disampaikan, sesuai dengan sifat poster dan harus menjadi bagian tak terpisahkan dari keseluruhan dan bukan sebagai tambahan saja (poster dan kalimat yang diungkapkan harus singkron dengan tujuan memudahkan bagi pembaca).

7. OHP
OHP : alat yang paling sederhana karena peralatan ini hanya menggunakan system optic dan elektrik.
Cara Penggunaannya :
1. Pastikan power OHP sudah tersambung dengan baik
2. Nyalakan OHP dengan menekan tombol “on”
3. Letakkan transpalasi diatas media kaca yang mempunyai lampu penyorot
4. Tentukan focus OHP
5. Setiap 5 menit harus di “off ” kan dengan tujuan supaya OHP tidak terlalu panas dengan begitu OHP akan awet.

8. Slide
Slide dan film strep merupakan media yang diproyeksikan dpat dilihat dengan mudah. Slide : sebuah gambar trasparan yang diproyeksikan oleh cahaya (schining light) melalui proyektor, biasanya ukuran slide 2x2 / 3x4 cm.

DAFTAR PUSTAKA

Azhar Arsyad, Bahasa arab dan Metode Pengajarannya, Jakarta : Gramedia, 2002.

Amir Hamzah Sulaiman, Media Audio Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan, Jakarta : Gramedia, 1988.

Asnawir, Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers, 2002.

Arif Sadjiman, Dkk, Media Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada 2000.

*) Penulis Mahasiswa SMT 5 PBA STAIN TA
Properties

Share / Save / Like

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar baik menunjukkan pribadimu !