KOMPETENSI
SARJANA PGMI
- Mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan (PAKEM = Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)
- Mampu memahami sikap dan perilaku peserta didik secara komprehensif
- Mampu menyampaikan materi dengan mudah difahami oleh peserta didik
- Mampu berkomunikasi dengan baik dengan peserta didik, sesama guru, dengan staf, dengan atasan dan dengan orang tua maupun masyarakat.
- Mampu menguasai materi kurikulum MI/SD dengan baik.
- Memiliki keterampilan di MI dan SD (OR, Seni, KTP, ktp menulis, kreatif, cerdas, kesehatan anak dan pramuka)
- Mampu memahami dan menguasai tentang: Pancasila, UUD 45, adat istiadat, kebangsaan, kemajemukan, pembangunan daerah dan nasional, Gender, Narkoba, Korupsi dan KKN)
- Mampu mengajak anak melakukan praktek Ibadah yang baik dan benar
- Mampu menciptakan kesempatan kepada anak belajar sambil bermain, di luar ruangan kelas atau di tempat sumber belajar lain
- Mampu mengelola kelas (menciptakan Iklim belajar dan budaya belajar)
- Mampu menerapkan sopan santun dalam perilaku dan pakain (akhlaq)
- Mampu menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang variatif dan Mutakhir
- Mampu mendesain dan mengembangkan sumber-sumber belajar
- Mampu mengembangkan dan melakukan evaluasi yang variatif: Formatif, sumatif, komprehensif, alternatif, portfolio dll.
- Mampu berbahasa Arab, Inggris dan Mandarin/Jepang untuk tingkat MI/SD.
STANDAR
SARJANA PGMI
Setiap lembaga penyelenggara pendidikan nasional hari ini
mesti memiliki standar nasional pendidikn (SNP). Hal ini selain amanat PP
No.19/2005, juga tagihan dari kompetisi SDM lokal, nasional dan Global.
Terlebih dengan makin leluasanya franchise pendidikan yang telah dan akan terus
merambah di seantero nusantara. Disadari atau tidak secara cepat atau lambat
akan menggusur kearah marginalisasi pendidikan nasional.
Setiap lembga pendidikan yang memiliki akuntabilitas, dia
harus peka dan punya standar yang sekaligus sebagai jaminan bagi output dan
outcome yang akan hasilkan. Dengan adanya standar pendidikan, lembaga dan
sivitas akademika serta karyawan akan berpacu mengejar target bagi capaian
standar yang telah ditetapkan. Standar lembaga pendidikan dapat pula diartikan
dengan adanya jaminan lembaga terhadap kualitas pendidikan (quality assurance).
Banyak kasus pendidikan di negara maju maupun di
Indonesia membuktikan, bahwa pendidikan yang memiliki standar mutu justru
dikejar dan diminati oleh masyarakat, walaupun masyarakat harus mengeluarkan
biaya lebih untuk mendapatkan pendidikan yang outputnya terstandar. Sebaliknya,
malah banyak pendidikan yang murah dan tidak punya standar, maka tidak dilirik
oleh masyarakat, dan pendidikan tersebut melaksanakan pendidikannya hanya
sekedar gugur kewajiban.
Terlepas pendidikan tersebut mahal atau murah, yang jelas
masyarakat hari ini sangat memahami akan pentingnya pendidikan berkualitas.
Persoalan keterjangkauan ekonomi masyarakat sangat relatif, karena cukup banyak
peluang pembiayaan bagi masyarakat yang kurang mampu untuk dapat menikmati pendidikan
pada semua tingkatan hari ini. Pemerintah dan swasta sudah sangat sungguh
memberikan kepedulian bagi biaya pendidikan, utamanya melalui peluang bea
siswa, belum lagi bantuan langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat
pendidikan dan masyarakat umumnya.
Berdasarkan tagihan masyarakat dan stakeholder yang kian
ketat dan tinggi terhadap output pendidikan, maka sudah selayaknya lembaga
pendidikan tinggi agama Islam pun berbenah menyiapkan standar output dan
outcomenya. Standar mutu sarjana PTAI ini harus bersifat institutif, agar
terukur secara komprehensif.
Beberapa standar minimal yang harus dimiliki oleh sarjana
PTAI adalah:
1.
Minimal Hafidz dan hafizdah Juz Amma
Tagihan sarjana PTAI dalam konteks ini
adalah penguasaan dan pemahaman surat pendek Juz Amma (mulai dari surat (al-Naba
s/d al-Nas), atau 37 surat pendek) yang dibuktikan dengan selembar
sertifikat.
2.
Menguasai dan hafal minimal 40 ayat
dan 40 Hadits yang terkait dengan:
Tauhid, Ibadah, Muamalah dan Akhlaq Ayat
dan Hadits yang ditagih terkait dengan epistemologi kemengapaan dan bukan
epistemologi kebagaimanaan, karena itu adalah tagihan fakultas dan jurusan.
3.
Menguasai teknologi Komputer dan
informatika
Penguasaan media visual dan audio
visual melalui program aplikasi minimal: Word, Powerpoint, Excel,
Website/internet (e-Learning). yang dibuktikan dengan
sertifikat dari Pusat atau lembaga Komputer.
4.
Penguasaan Bahasa Asing: Arab dan
Inggris
Penguasaan bahasa Inggris dan Arab
dibuktikan dengan perolehan skor (TOEFL untuk bahasa Inggris dan TOAFL untuk
bahasa Arab minimal 400), yang dibuktikan dengan sertifikat dari Lembaga Bahasa
yang terstandar.
5.
Skill Praktek Ibadah
Skiil dan praktek ibadah ditunjukkan
dengan kecakapan menjadi Khatib Jumat, Penceramah, Imam, Bilal, mengurus
Jenazah, mengucapkan dan menulis al- Qur’an secara benar dan membacanya secara tartil
yang dibuktikan dengan sertifikat
6.
Mampu membaca serta memahami kitab
kuning (turats), minimal secara pasif
7.
Setiap sarjana PTAI harus selesai
memiliki IPK minimal 3,25.
Masih terdapat standar mutu yang lain,
yang dapat ditagih sesuai dengan kompetensi Fakultas, jurusan, prodi atau
kosentrasi msing-masing. Prinsipnya standar yang dikemukakan adalah standar
Institusi dan harus berlaku secara konprehensif, bagi seluruh sarjana yang
berasal dari jurusan dan fakultas apapun di sebuah lembaga PTAI.
Download di sini
Juga di sini lengkapnya
Download di sini
Juga di sini lengkapnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar baik menunjukkan pribadimu !