Welcome to Afive Blog

Kata-kata yang baik memiliki daya kreatif, kekuatan yang membangun hal-hal mulia, dan energi yang menyiramkan berkat-berkat kepada dunia.
JANGAN LUPA ISI BUKU TAMU

Selasa, 31 Mei 2011

KOMPONEN HARDWARE (PERANGKAT KERAS) TEKNOLOGI ILMU KOMPUTER (TIK)

Share on :

Oleh: Afiful Ikhwan*
Pada bagian ini, fokusnya adalah pada apa yang disebut hardware (Perangkat Keras) komponen TIK seperti komputer itu sendiri, media penyimpanan, dan perangkat input dan output.

Komputer
Komputer adalah prosesor informasi yang universal. Dalam teori, setiap jenis pengolahan informasi dapat dilakukan di komputer manapun, tetapi, dalam kenyataannya, hal ini tidak benar. Sebuah tugas khusus untuk komputer tertentu mungkin memerlukan waktu terlalu banyak, atau memori komputer mungkin terlalu kecil. Komputer memproses informasi dalam bentuk sinyal listrik. Dalam teknologi informasi lain yang ada, sederhana pengolahan dapat dilakukan juga dalam bentuk aliran udara atau cair. Ada upaya untuk memproduksi komputer yang menggunakan pemrosesan cahaya, atau mekanisme biokimia yang serupa dengan organisme hidup, namun pendekatan ini pada tahap dini.

CPU (Central Processing Unit) Unit Pemroses Sentral

Pengolahan informasi dilakukan oleh perangkat keras komputer. CPU adalah yang paling penting komponen komputer (elektronik) semikonduktor, mirip dengan komponen radio atau TV, tapi jauh lebih canggih. Jumlah elektronik elemen dalam komponen ini dapat dihitung dalam jutaan. unsur-unsur bergabung bersama untuk membentuk sirkuit terpadu (IC), sering disebut sebagai microchip, atau hanya chip. Perangkat inti dalam komputer manapun, disebut central processing unit atau CPU, tidak semua informasi pengolahan. Saat ini CPU menempati sebuah kotak logam di mana Anda dapat melihat puluhan sirkuit terpadu, kabel, dan kabel yang menghubungkan mereka. (Komputer kemarin jauh lebih besar dan menempati ruangan yang penuh, atau bahkan seluruh bangunan.) IC utama dalam CPU adalah prosesor itu sendiri, yang sebagian besar bertugas aktif dari pengolahan, termasuk menambahkan angka, membandingkan string simbol, mengirimkan informasi ke memori, mengambilnya dari memori dan, yang terpenting, bereaksi terhadap sinyal dari luar.
Kerja komputer tergantung tidak hanya pada konstitusi sebagai perangkat elektronik, tetapi juga pada informasi yang disimpan di dalamnya atau yang diterima saat beroperasi. Informasi ini dapat dianggap sebagai instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan, dan disebut perangkat lunak.
Informasi disimpan, ditransmisikan, dan diproses dalam bentuk string nol dan satu. Memasukan informasi ke dalam komputer biasanya melibatkan transformasi gambar atau suara ke string digital (pusat pengolahan data) dan diskrit. Output melibatkan transformasi terbalik. Komponen-komponen hardware dan software bertanggung jawab atas transformasi dan membuat mereka dimengerti untuk indra manusia, disebut interface[1]. Informasi komputer disimpan dalam khusus jenis IC, disebut chip penyimpanan atau memori. Sebuah kecepatan komputer adalah penting faktor dalam kinerjanya. Hal ini diukur dalam MHz, yang mengacu pada jumlah perubahan di dalam komputer yang dapat terjadi dalam satu detik.

Monitor (Layar)
Sebuah komponen penting dari setiap perangkat komputer yang digunakan oleh manusia (maksudnya disini komputer pribadi), adalah layar atau monitor. Monitor tidak  hanya menampilkan informasi tetapi juga dapat mendukung langsung interaksi. Sebagai contoh, jika Anda perlu membuat gambar teknis tertentu detail dengan komputer, Anda menggerakkan tangan Anda dilengkapi dengan salah satu perangkat input (lihat gambar bawah), untuk membuat garis atau mengaktifkan detail di layar. Seluruh sistem menggunakan gerakan fisik untuk memanipulasi informasi dan hadir manipulasi ini di gambar layar yang intuitif disebut antarmuka pengguna grafis atau graphical user interface GUI.

Koneksi
CPU terhubung dengan perangkat TIK lain melalui saluran komunikasi. Saluran komunikasi yang paling umum adalah kabel yang terpasang ke komputer, dan perangkat lain yang saling terhubung. Kabel dan soket dapat menyebabkan masalah, termasuk ketidak cocokan soket dalam menghubungkan komputer ke saluran telepon lokal. Sebuah alternatif yang populer untuk kabel adalah nirkabel (radio frekuensi atau infra-merah) koneksi. Untuk menyederhanakan presentasi, tidak kita cantumkan kabel dalam gambar, dan lanjut tentang konektor di bagian berikut.

Ukuran komputer
Komputer yang ditempatkan di meja seorang pegawai, siswa, atau guru yang disebut komputer desktop. Kadang-kadang ada juga komputer itu yang ditempatkan di bawah meja dengan monitor dan keyboard di atas. Komputer-komputer ini beratnya biasanya beberapa kilogram, selebih lagi di tambah dengan monitor menjadi komponen jauh lebih berat. Tidak seperti komputer lain yang portabel atau mobile. Komputer dekstop walaupun berat, ukurannya telah di desain senyaman mungkin.
Komputer dengan ukuran kecil dan ringan, mudah dibawa kemana-mana, disebut notebook (sebelumnya, laptop). Notebook saat ini beratnya berkisar 2-3 kg. Komputer ukuran telapak tangan orang dewasa, dan berat kurang dari 1 kg, disebut mini laptop. Semua komputer tersebut disebut komputer pribadi, atau PC Personal Computer, karena mereka dimaksudkan untuk penggunaan individu.
CPU saat ini sangat kecil. Kita dapat mengatakan bahwa untuk aplikasi sekolah kebanyakan ukuran CPU tidak berbeda-beda. Di kelas lain, ukuran seluruh komputer, jika kita menempatkan monitor pada meja siswa, cukup besar untuk terlihat nyaman, namun cukup untuk ruang pekerjaan siswa.
 
Energi untuk komputer
Listrik yang diperlukan untuk menjalankan komputer dan perangkat terkait. Konsumsi daya untuk komputer desktop biasanya 100-500 watt. Di banyak negara, sumber ini tersedia secara luas, tetapi di lain negara masih menjadi masalah. Bagi mereka, alternatif sumber listrik seperti baterai surya, generator angin, dan akumulator (baterai isi ulang), serta UPS (Uninterruptible Power Supply), harus dipertimbangkan dalam perencanaan implementasi TIK. Baterai tenaga surya misalnya, berapa dolar untuk menyediakan mini komputer dengan energi sinar matahari beberapa jam sehari.
Komputer portabel dapat menggunakan saluran listrik yang sama dengan komputer desktop. Namun, jauh lebih nyaman memiliki laptop, dengan baterai isi ulang ini dapat menyalakan komputer selama beberapa jam, dan kemudian perlu diisi dari sumber listrik, pengisian membutuhkan waktu lebih sedikit daripada komputer desktop yang membutuhkan penggunaan listrik besar, dan pengisian kembali terjadi saat komputer sedang digunakan. Sebuah aspek yang buruk tentang akumulator, terlepas dari berat komputer dan biaya yang cukup besar, adalah bahwa, jika digunakan intensif, mereka hanya berlangsung beberapa bulan. Bahkan dalam berbagai kasus, isi ulang hidup baterai 'adalah lebih pendek daripada kehidupan dari komputer itu sendiri.
Dalam banyak kasus, prosesor modern yang telah muncul selama beberapa tahun terakhir memerlukan lebih banyak energi untuk menjalankan daripada yang lebih tua. Secara kasar, setiap tindakan dari CPU membutuhkan jumlah minimal energi yang akan digunakan. Jika prosesor bekerja lebih cepat, jumlah energi yang sama digunakan dalam waktu yang lebih singkat. Sebagai komputer berjalan, energi ini menghilang di lingkungan luar dalam bentuk panas, dan sehingga komputer dilengkapi dengan mekanisme pendingin khusus seperti kipas.

Peripheral (sekeliling)
Untuk pemanfaatan terbaik dari TIK dalam pendidikan, guru membutuhkan berbagai sambungan perangkat ke komputer, dan ini disebut sebagai peripheral. Perangkat dari peripheral itu adalah:
Ø      Input: keyboard alfanumerik, keyboard musik, mikrofon, taperecorder, tablet dan stylus, scanner, kamera foto digital, kamera video, sensor.
Ø      Output: monitor, printer, proyektor, headphone, speaker.
Ø      Kontrol: motor, lampu untuk kit konstruksi robotika, dan sensor.
Ø      Komunikasi: modem, jalur komunikasi, satelit dan lokal peralatan jaringan, dan jaringan tanpa kabel (W-LAN) Local Area Network.

Komponen yang berbeda dari komputer serta perangkat periferal perlu
dihubungkan melalui saluran untuk arus informasi. Pada kebanyakan komputer saat ini memakai kabel, tapi koneksi nirkabel juga semakin diminati, bahkan menjadi kebutuhan, tentunya perangkat nirkabel tersebut memiliki sumber energi sendiri (biasanya, saluran listrik atau baterai).

Memori / Penyimpanan
Informasi yang disimpan dalam memori sirkuit terintegrasi atau chip memori di komputer CPU. Namun, ada cara lain untuk menyimpan informasi. ini lain berarti berbeda dalam kapasitas (jumlah informasi yang mereka dapat menyimpan) dan akses kecepatan (seberapa cepat informasi dapat diambil). Informasi yang disimpan dapat diambil dan, dalam beberapa kasus, berubah. Read-only memory (ROM) berarti bahwa pengguna tidak dapat mengubah apapun informasi yang diperoleh. Dalam kasus sebaliknya, kita berbicara tentang memori ditulis ulang, disimpan pada hard drive komputer atau pada disk portabel. Biaya menyimpan informasi terus-menerus dan cepat menurun.
Perangkat penyimpanan kunci saat ini adalah Hardisk External, flashdisk, kaset dan cakram magnetik, dan cakram optik.

Flash Disk
Chip memori tambahan - yang disebut Memori/flashdisk– dapat mudah dimasukkan dan dikeluarkan dari komputer saat ini. Mereka tidak membutuhkan baterai untuk menjaga informasi yang tersimpan. Kapasitasnya kisaran 10MB sampai 1GB bahkan saat ini ada yang sampai 1 terabyte atau 1000 GB untuk flashdisk dan aksesnya pun cukup cepat di berbagai aplikasi. Kartu Memori ini banyak digunakan dalam kamera digital dan lainnya aplikasi. Mereka cepat mengganti cakram. Beberapa versi dari kartu kartu ROM yang digunakan dalam permainan konsol (dimana mereka juga disebut cartridge).

Magnetik Kaset
Kaset magnetik, mirip dengan yang digunakan dalam tape recorder, dapat digunakan untuk menyimpan informasi digital juga. Untuk membaca atau menulis informasi pada tape, khusus perangkat yang mirip dengan tape-recorder digunakan, disebut tape drive. Drive dapat eksternal ke komputer atau ditempatkan di dalam kotak CPU. Kapasitas rekaman dapat sampai 10 GB dan bahkan lebih. Kecepatan akses, lambat, tapi cepat untuk aplikasi tertentu, meskipun hal ini kurang di pakai di sekolah-sekolah.

Magnetic disk
Ide penyimpanan disk dapat ditelusuri kembali ke rekaman gramofon diawal abad ke-20
Informasi tentang orang-orang cakram secara permanen disimpan dalam bentuk kecil mekanik (geometris) perubahan dalam permukaan disk. Beberapa versi saat ini penyimpanan disk menggunakan prinsip magnetik cakram mirip dengan kaset, dan ini ditulis ulang. Disk-disk dengan kapasitas sekitar 1MB juga disebut disket, Anda dapat memasukkan mereka ke dalam drive (disk drive), atau menghapusnya. Ini bisa memakan waktu hingga satu menit untuk komputer untuk membaca dari atau menulis ke sebuah disket. Cakram baru memiliki kapasitas hingga 1GB. Persaingan dari kartu flash (lihat di atas) yang kuat. Disk-disk dengan kapasitas yang lebih besar yang dipasang di drive sendiri, dan ini biasanya disebut cakram keras. Kapasitas mereka dalam urutan 10GB untuk 1000GB. Mengakses waktu untuk cakram keras yang cukup cepat untuk kebanyakan aplikasi.

Cakram Optik
Informasi juga dapat disimpan pada disk sebagai jejak  optik. Prinsip ini dimanfaatkan dalam compact disc (CD), luas digunakan sekarang untuk menyimpan musik. Kapasitas dari CD-ROM adalah sekitar 1GB. Kecepatan akses mungkin tidak cukup cepat untuk beberapa aplikasi yang melibatkan suara atau gambar bergerak. Untuk mengatasi masalah ini, mengamati kecepatan yang berbeda ditandai pada CD-drive: 2x, 6x, ... 48x ... Dan yang lebih baru dari bentuk CD-ROM disebut disk serbaguna digital atau DVD, yang terlihat mirip dengan CD tapi dapat menyimpan 10GB atau lebih informasi. CD dan DVD telah muncul dalam beberapa tahun terakhir.

Gerakan manusia sebagai masukan
Cara yang paling umum untuk informasi input ke dalam komputer adalah dengan tangan manusia melalui berbagai perangkat: keyboard, mouse, tablet grafis, dan sentuhan layar.




Keyboard
Perangkat input yang paling penting untuk komputer saat ini adalah keyboard, yang melayani sebagian besar untuk input teks, yang sebagian besar meniru keyboard mesin ketik. Komputer memiliki banyak keuntungan dibandingkan mesin tik, bahkan terlepas dari yang lebih canggih perangkat lunak dan aplikasi lain. Yang pertama adalah bagaimana mudahnya membuat untuk mengubah, menghapus atau memasukkan kata atau frasa. Yang berikutnya adalah kemampuan untuk menyalin setiap fragmen teks dan memindahkannya sebagai benda padat mana saja dalam teks, atau teks lain, biasanya disebut sebagai cut-and-paste. Touch-mengetik (tidak melihat ke keyboard dan menggunakan 10 jari) adalah keterampilan yang berguna dalam pendidikan konteks hari ini. Siswa dapat belajar sentuhan-mengetik lebih cepat daripada tulisan tangan; mereka dapat mengetik lebih cepat daripada yang mereka dapat menulis, dan hasilnya lebih menarik dan jauh lebih mudah untuk mengedit dan merevisi.
Pekerjaan yang luas dengan keyboard, bagaimanapun, kadang kadang menyebabkan otot ketegangan dan memerlukan tindakan khusus, dimana siswa dan guru jarang memperhatikan (lihat bagian di samping ini pada masalah kesehatan yang berhubungan dengan komputer). Baru keyboard ergonomis menjadi lebih umum, seperti penggunaan alternatif metode penulisan script dan pidato pengakuan. berbeda pengaturan karakter pada keyboard bisa membuat mengetik lebih efektif. Sebuah radikal tool baru, yang disebut Twiddler, adalah  suatu genggam ergonomis, menyentuh-type tombol dirancang untuk memasukkan chord, yang berarti seperti piano Anda menekan satu atau lebih kunci pada suatu waktu, setiap tombol menghasilkan kombinasi karakter yang unik atau perintah, karena resistensi untuk mengubah adopsi alat ini tidak mungkin terlihat.
Keyboard notebook biasanya dibangun ke dalam buku. Keyboard tidak biasanya dibangun ke dalam komputer mini. Kadang-kadang keyboard diwakili oleh gambar layar yang Anda ketik dengan menyentuh tombol dengan ujung pena khusus. Kadang-kadang, keyboard berlangsung ringan yang digunakan untuk input teks mini.
Keyboard Musik
Keyboard musik seperti piano tradisional atau modern rock-kelompok synthesizer keyboard, hanya lebih kecil. Terlampir ke komputer, perangkat ini dapat digunakan jauh melampaui meniru piano. Standardisasi suara instrumen digital yang paling dalam MIDI (Musical Instrument Digital Interface) memungkinkan siswa untuk bermain dan bahkan untuk menulis musik potongan dilakukan oleh instrumen yang berbeda atau orkestra, dan segera mendengar kinerja bagian oleh mereka instrumen yang sama. catatan masukan dengan keyboard musik kemudian dapat diedit dengan mouse. Para pelaku selfexpression musik siswa dalam cara ini secara dramatis diperbesar.

Mouse dan alternatifnya
Untuk memanipulasi objek layar, Anda perlu titik, memilih, ambil, dan membukanya. Dalam komputer saat ini, operasi ini biasanya dilakukan dengan alat khusus, yang menunjukkan sebuah objek di layar dan bergerak sebagai suatu benda padat. Instrumen ini disebut mouse, handheld, tradisional abu-abu, tubuh plastik yang Anda gerakan di atas meja-, yang biasanya tertutup oleh tikar kecil yang disebut mousepad, dirancang untuk meningkatkan pergerakan mouse. Ketika Anda memindahkan mouse, sebuah benda kecil (panah, misalnya), disebut kursor, bergerak di layar, meniru gerakan mouse di atas meja. Para tikus memiliki tombol yang membantu Anda untuk mengekstrak, mengambil, dan memanipulasi objek. Anda memindahkan kursor ke sebuah obyek dan klik tombol; objek sekarang adalah melekat pada kursor dan dapat dipindahkan. Jika Anda mengklik tombol lain, objek membuka. Ini tindakan adalah bagian dari antar muka pengguna komputer.
Ada perangkat lain untuk mengubah gerakan pada layar menjadi informasi manipulasi di dalam komputer mirip dengan mouse. Semua bertindak sama, tetapi gerakan fisik tangan manusia bekerja dengan mereka dapat sangat berbeda:
Ø      Sebuah mouse genggam, tidak berbaring di tabel, dapat memiliki di dalam giroskop kecil, dan berguna ketika Anda menunjukkan sesuatu untuk lain pada layar besar.
Ø      Sebuah trackpad adalah sebuah panel kecil (sekitar 3-4 cm) di mana Anda memindahkan telunjuk Anda jari untuk mengontrol kursor.
Ø      Trackball adalah bola seukuran telur yang ditempelkan di panel, yang dapat memutar.
Ø      Joystick adalah tuas kecil (seperti dalam perpindahan gigi mobil transmisi) digunakan terutama di permainan komputer. Ada juga joystick yang sangat kecil di dalam beberapa keyboard yang disebut trek, yang dapat mendorong dan menangkis dengan jari Anda. Ini juga digunakan sebagai tikus bagian dari Twiddler yang disebutkan di atas, di mana trackpoint dikendalikan dengan jempol.
Ø      Mouse nirkabel yang tidak memiliki bagian yang bergerak lebih handal dan telah menjadi lebih populer. Di antara mereka ada mouse genggam yang tidak menempatkan pada tabel tetapi bergerak dalam ruang 3D.

Tablet Grafis
Tipe lain dari masukan adalah untuk menggambar atau menulis dengan pena. Perbedaan antara komputer pena atau stylus dan satu biasa adalah bahwa pena komputer bergerak di atas permukaan khusus yang disebut tablet grafis, dan jejak yang bergerak dapat diwakili di layar. Komputer juga dapat mengukur tingkat tekanan. Dengan perangkat lunak yang sesuai, komputer dapat meniru hampir semua teknik menggambar yang ada dan menciptakan beberapa yang baru yang menarik. Komputer ini sangat berguna untuk teknis menggambar - sekarang, sebagian besar bagian dari desain dibantu komputer atau CAD.

Tulisan Tangan
Cara yang paling efektif untuk memulai komunikasi ditulis untuk anak-anak (dan orang dewasa) adalah untuk memiliki mereka mengetik di komputer. Tapi tulisan masih populer dan bermanfaat keterampilan. Akibatnya, pengenalan  tulisan tangan, tulisan tangan yang segera transfer ke huruf pada layar (dan teks dalam memori komputer), adalah berharga suplemen untuk keyboard, dan kadang-kadang teknik masukan utama (untuk Misalnya, dalam jenis tertentu pengamatan lingkungan). Dengan komputer mini anda dapat menulis teks yang dapat dikenali oleh komputer menggunakan stylus khusus. Tulisan tangan dan menggambar dengan tangan di papan tulis besar dapat dilakukan dengan komputer juga. Dalam hal ini, Anda menulis atau menggambar pada papan dengan penanda khusus yang ditelusuri oleh detektor inframerah atau ultrasonik.

Layar sentuh
Perangkat dibahas di atas cukup intuitif tapi tetap dipisahkan dari objek di layar komputer. Tipe lain menjanjikan Perangkat menggabungkan melihat dengan menyentuh, yang memungkinkan Anda, untuk Misalnya, untuk garis objek pada layar dengan jari Anda dan kemudian memindahkannya ke yang berbeda posisi dengan jari yang sama. Ini sudah dicapai dengan touch screen. Jari A tidak dapat menunjukkan objek yang sangat kecil di layar. Namun, keterbatasan ini dapat menjadi rileks dengan menggunakan stylus pada layar (semacam pena atau pensil dirancang untuk jenis interaksi). Layar sentuh dapat bekerja dengan baik dan lebih intuitif bagi anak-anak kecil, tetapi tidak banyak digunakan. Salah satu alasan untuk ini adalah biaya mereka, yang lebih tinggi dari layar biasa dan mouse. Namun demikian, mereka adalah perangkat yang paling populer di kios informasi yang paling dan di komputer mini.


[1] Terjemahnya Bahasa Indonesia: Antar Muka, maksdunya disini menurut pemahaman penulis adalah hasil olahan data tadi keluar dengan berbagai bentuk yang dimengerti dan di butuhkan oleh manusia.
*) Penulis Mahasiswa PPs IAIN Tulungagung dan Menulis tentang Pendidikan
Properties

Share / Save / Like

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar baik menunjukkan pribadimu !